Jumat, 21 Agustus 2015

Warso Farm, Wisata Sambil Makan Durian


Suka makan durian? Atau durian maniak?  Kalo iya, kudu wajib melipir kesini nih…
Warso Farm adalah wisata kebun sekaligus menyediakan buah-buahan yang ditanam untuk disantap ditempat.   Daripada beli durian di pasar atau di supermarket kemudian dimakan di rumah, suasananya itu-itu aja, bosen ah….. hehehhe

Warso Farm berlokasi di Desa Cihideung, Cijeruk Kabupaten Bogor.  Menuju lokasi ini juga sangat mudah kok, bisa pake kendaraan umum atau pribadi.  Kalo kendaraan umum biasanya naik kendaraan  yang arah sukabumi.  Sedangkan kendaraan pribadi, bisa menggunakan jalur tol jagorawi kemudian keluar di pintu tol ciawi.  Dari sini sudah sangat dekat dan Warso Farm sangat mudah dikenali karena di pintu gerbangnya terdapat tugu durian yang sangat besar.

Warso Farm buka setiap hari dari jam 07.00 hingga jam 17.00, tapi untuk bisa jalan-jalan berkeliling kebun hanya diperbolehkan pada hari sabtu dan minggu saja.
Aku dan keluarga berkunjung kesini pada saat weekend.

Melangkah masuk dari gerbang disuguhi tugu berbentuk replika durian raksasa yang satu ruas kulitnya mengelupas sehingga terlihat daging buah durian matang berwarna kuning keemasan.  Beberapa meter ke dalam ada satu tugu lagi yang berbentuk replika buah naga merah yang ukurannya jauh lebih kecil dari tugu durian.  Tidak seperti kebanyakan tempat wisata yang harus beli tiket dulu sebelum masuk.  Di Warso Farm pengunjung diperbolehkan masuk bebas menikmati semua fasilitas yang disediakan tanpa dipungut biaya sepeserpun.

www.nanidjabar.blogspot.com


Saat kami  masuk, jam menunjukkan pukul Sembilan pagi.  Udara pagi bogor masih sangat terasa sejuknya.  Apalagi berada di tengah perkebunan seluas  8,5 hektar ini, menghirup udara segar diantara daun-daun yang sarat dengan oksigen, merupakan suasana langka di kota Jakarta.

Idenya Pak Soewarso Pawaka patut diancungi jempol.  Beliau ini seorang pensiunan TNI AD sekaligus perintis agrowisata durian, tidak hanya menawarkan durian langsung dari kebun tapi berkonsep wahana wisata.

Kami menelusuri jalan perkebunan yang di kiri kanannya pohon durian yang sedang berbuah lebat.  Tapi, saat itu bukan waktuya panen, jadi kami tidak diperbolehkan untuk memetik sesukanya.
Jenis durian disini juga banyak, ada sekitar 19 jenis durian yang tersebar diantara 900 pohon.  Beberapa diantaranya seperti jenis monthong, lay, petruk dan lain-lain.

duren warso bogor

durian warso
Kami terus menyusuri jalan setapak yang disediakan bagi pengunjung.  Sedikit menanjak keatas, mata kami menemukan pohon-pohon berbaris rapi dengan buah-buah merah bergelantungan di sela-selanya.   Kami mendekat.  Ternyata, ada perkebunan buah naga merah.  Mataku terbelalak, menyaksikan pohon yang  batang dan daunnya penuh duri persis seperti pohon kaktus tetapi menghasilkan buah yang lezat, empuk dan manis.  Subhanallah…. (noraknya aku yang baru pertama kali melihat pohon buah naga merah…hehee)
Dari atas kebun buah naga, kami bisa melihat pemandangan kebawah, hamparan sawah dan hutan terbentang hijau menyejukkan setiap mata yang memandangnya.



pemandangan indah di warso farm


Nah, kalo kamu penasaran bagaimana merawat dan menanam durian dan buah naga sehingga menghasilkan buah yang berkualitas, Pak Warso, pemilik kebun ini bersedia untuk berbagi ilmunya.  Asyik bukan? Dapet buah, dapet wisata kebun dan dapet ilmunya juga….

Setelah puas berjalan-jalan dan berfoto-foto ria diantara kebun durian dan buah naga, saatnya mencicipi durian monthong di kedai Pak Warso. 

durian monthong warso farm

buah naga merah warso farm

daging buah durian
Oh ya, selain makan buah dan berwisata kebun, disini juga disediakan wahana tempat bermain dan memancing.  Fasilitas ruang pertemuan dan fasilitas ibadah juga tersedia kok.  Jadi jangan khawatir kalo mau menghabiskan waktu weekend disini hingga sore hari.
Mau nyobain durian warso?  Yuk meluncurrrr…..


***

10 komentar:

  1. Mau dong mba diinfoin kapan waktu yg tepat untuk dateng kesini. Hehehe. Suami saya doyan banget sama durian

    BalasHapus
    Balasan
    1. Pas weekend aja mbak...biar bs keliling kebun :)

      Hapus
  2. Bener-bener ngiriii... Saya pecinta buah Durian dan suka sangat sama buah naga :3

    BalasHapus
  3. saya juga pernah ke sini rasa duriannya memang manteb ya mbak dan ngak pakai musim2an selalu tersedia durian siap santap hehehe

    BalasHapus
  4. Ya ampyun Mbak... asyik banget keliling kebun yang dipenuhi batang durian.. Aku salah satu pecinta durian Mbak.. Maklum, wong Palembang gak ada yg gak suka durian ya..haha.. Tapi belakangan ini agak mengurangi karena kalau kebanyakan makan durian suka pusing.. Kalo di Palembang tempat seperti ini ada di Pasar Kuto Mbak..

    BalasHapus
  5. Iyolah yuk...gek mampir ke pasar kuto pas ke palembang

    BalasHapus
  6. Agrowisatanya tampak mak nyesss..sejuk ya mbak Nani, akh kalo aku dekat tiap hari mampiiir dah secara aku maniak ama si Kulit berduri ini :)

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya sejuk mbak...krn selain byk pohon, udara bogor terbilang sejuk juga dibanding jkt :)

      Hapus

Aku dan Lock Down-Virus Corona (Covid19)

Aku tiba-tiba merasa berada dalam dunia unreal, antara percaya dan tidak dengan apa yang sedang aku alami saat ini. Tepatnya hari senin 1...